Pembekalan dan Outbond Pengurus OMK Santa Theresia Sedayu – Gereja Santa Theresia Sedayu
Loading...
Berita

Pembekalan dan Outbond Pengurus OMK Santa Theresia Sedayu

Sesuai dengan nama acara yaitu pembekalan dan outbond pengurus omk, kegiatan ini diikuti oleh pengurus yang telah ditetapkan pada tanggal 25 November 2018 lalu. Kegiatan pembekalan ini berlangsung dua hari satu malam 2 – 3 Maret 2019. Dilaksanakan di Wisma Salam dengan fasilitator oleh tim YSC (Youth Spiritual Center).

Kegiatan ini diawali dengan ibadat pembuka dan dilanjutkan ice breaking untuk mengakrabkan fasilitator dengan peserta pembekalan. Setelah itu fasilitator menjelaskan tentang outbond dan alat – alat yang akan digunakan selama outbond dua hari satu malam tersebut dengan tujuan mendalami maksud dan arah yang akan dituju tentang pembangunan karakter diri, komunitas efektif dan spiritualitas pelayanan. Tak lama setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan Imagologi. Di sini para pengurus dibimbing untuk menemukan kelebihan masing – masing yang dapat disumbangkan dalam menjadi pengurus OMK. Selain itu para pengurus juga dibantu menemukan semangat untuk menjadi lebih baik dengan cara masing – masing harus menemukan kata motivasi yang ditulis pada kain putih dan diikat di kepala sebagi tanda pengingat bahwa setiap pribadi memiliki keinginan untuk memperbaiki diri.

Setelah menemukan motivasi pribadi, masuklah pada pembangunan karakter yang dikemas dengan kegiatan diluar ruangan. Kegiatan malam itu dilakukan secara individu dan bergantian, setiap orang harus menyelesaikan beberapa tantangan yang sudah disiapkan fasilitator dalam keadaan lampu dipadamkan. Pertama, orang yang telah dipanggil diminta keluar dari ruangan sesi dan mengikuti cahaya merah untuk sampai pada tantangan awal. Setelah bertemu fasilitator lain, diberikan petunjuk yaitu setiap orang harus mengikuti arah tali yang telah disusun dengan mata tertutup untuk sampai ke tujuan. Nama tantangan tersebut adalah jalan buta dan memiliki makna kita harus setia dengan proses untuk sampai ke tujuana. Setelah sampai ditujuan, mata dibuka dan masuk ke tantangan berikutnya yaitu meniti tali dengan ketinggian kurang lebih tujuh meter dan dilanjutkan flying fox. Meniti tali memiliki makna bahwa kita harus fokus menatap ke depan untuk mencapai tujuan, sedangkan flying fox memiliki makna keberanian yang menenangkan. Setelah itu ditutup dengan refleksi yang dibantu oleh fasilitator dan dilanjutkan refleksi diri sendiri.

Hari kedua dibuka berdoa dan langsung berkegiatan rappling yang bertujuan untuk mengeluarkan keberanian dan kepercayaan diri. Dilanjutkan dengan community building dengan beberapa permainan dan bertujuan membangun komunikasi, kerja tim, saling peka, saling melengkapi, rela berkorban, step by step, pencapaian tujuan, visi bersama. Proses terakhir adalah sharing bersama fasilitator tentang kepengurusan OMK untuk menemukan komitmen diri masing – masing pengurus dan dapat merancang kinerja tiap bidang kerja.

Semua proses telah dilalui dan kegiatan ditutup dengan Ekaristi. Pengurus OMK Santa Theresia Sedayu siap diutus untuk menghidupkan Gereja dan srawung ke masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *