Lingkungan Yohanes Rasul Sentolo – Gereja Santa Theresia Sedayu
Loading...
Lingkungan

Lingkungan Yohanes Rasul Sentolo

Gereja St. Theresia Sedayu merupakan gereja yang terdiri dari 3 kabupaten, salah satunya kabupaten Kulon Progo yang merupakan batas wilayah Gereja St. Theresia Sedayu paling barat. Salah satu lingkungan yang berada di wilayah Kabupaten Kulon Progo adalah Lingkungan Yohanes Rasul Sentolo.

Lingkungan Yohanes Rasul Sentolo masuk dalam wilayah barat bersama dengan Yohanes Maria Vianey Klangon, Antonius Malangan, dan Petrus Kanisius Salamrejo. Di wilayah barat sendiri terdapat kapel St. Yusuf yang terletak kurang lebih 500 meter ke arah selatan dari Pasar Sentolo Lama, dan kapel ini selalu mengadakan misa di setiap minggunya. Untuk minggu pertama, ketiga, dan keempat misa diadakan pada Sabtu malam, sedangkan pada minggu kedua misa diadakan pada Minggu pagi. Selain misa mingguan, Misa Jumat Pertama juga diadakan di Kapel St. Yusuf yaitu pada Kamis malam.

Umat Lingkungan Yohanes Rasul Sentolo lebih sering mengikuti misa di kapel St. Yusuf daripada di gereja, hal ini dikarenakan jarak yang lumayan jauh antara wilayah Sentolo dengan gereja. Sarana transportasi yang harusnya bisa membantu, nyatanya sulit ditemukan umat khususnya lansia yang berkeinginan mengikuti misa di gereja. Walaupun demikian, umat lingkungan Yohanes Rasul Sentolo tetap berusaha mengikuti atau terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan di paroki.

Lingkungan Yohanes Rasul dibagi menjadi 4 blok, yaitu Sentolo Lor, Sentolo Kidul, Kalibondol, Siwalan, dan Gedangan. Setiap wilayah di lingkungan Yohanes Rasul memiliki kegiatan doa rutin yang dilaksanakan setiap minggunya. Walaupun tidak semua umat di wilayah dapat terlibat dalam doa bersama karena kesibukan dan lain sebagainya, namun rasa persaudaran di antara umat sangat kuat. Persaudaraan yang kuat ini nampak dari kegiatan sosial lingkungan. Banyak kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh umat di lingkungan Yohanes Rasul salah satu contohnya adalah kegiatan tilik atau menjenguk umat yang sakit. Ketika ada salah satu umat yang sakit, umat yang lain selalu menyempatkan waktu untuk bersama-sama menjenguk dan berdoa bersama.

Lingkungan yang diketuai oleh Bapak Ath. Suparlan ini memiliki kegiatan pertemuan umat satu lingkungan yang rutin diadakan setiap tanggal 10. Pertemuan umat Lingkungan Yohanes Rasul ini diadakan untuk membahas agenda atau kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh paroki. Selain itu, dalam pertemuan ini umat juga dapat menyampaikan masukan ataupun saran untuk kemajuan dan perkembangan lingkungan, wilayah, maupun paroki.

Semoga dari ulasan singkat ini dapat lebih memperkenalkan Lingkungan Yohanes Rasul Sentolo kepada umat lingkungan lainnya di Gereja St. Theresia Sedayu. Terima kasih dan Berkah Dalem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *