BAKTI SOSIAL OPERASI KATARAK – Gereja Santa Theresia Sedayu
Loading...
Berita

BAKTI SOSIAL OPERASI KATARAK

Pengobatan katarak merupakan salah satu target banyak bakti sosial. Namun katarak tidak pernah habis. Tiap tahun ada tiga juta penderita baru, dan yang tertangani baru 40%. Aksi bakti sosial pengobatan katarak sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena orang yang tidak bisa melihat, hidupnya akan tergantung pada orang lain. Bakti sosial bersama paroki-paroki akan sangat membantu, karena paroki-parokilah yang membantu menemukan pasien. Demikian kata Dr Edy Wibowo, pengurus Persatuan Dokter Spesialis Mata (perdami) Yogyakarta, dalam pembukaan “penyaringan” bakti sosial operasi katarak, Sabtu (11/1) di Rumah Retret Suharyo, Sedayu, Paroki St. Theresia Sedayu.

Dokter Edi Wibowo menyebut ada dua penyebab utama katarak, yaitu usia dan cahaya langsung matahari. Pada masa lalu, orang ke sawah ladang selalu mengenakan caping. Namun sekarang sudah jarang orang mengenakan caping. Maka saat ini lebih banyak orang yang menderita katarak. Katarak, jika sudah parah akan menjadi glukoma, kerusakan syaraf yang menjadi kebutaan. Jika mata sudah menderita glukoma, maka pengobatannya akan sulit. Pengobatan mata juga bisa mendorong kebahagiaan, karena orang tua yang penglihatannya sehat akan senang.

Dr Purwoadi Sujadmo, direktur RS Bethesda, mengatakan bahwa RS Bethesda sudah berdiri selama 120 tahun. Dengan usia sebanyak itu, rumah sakit sudah berusaha menolong sesama manusia. Maka RS Bethesda akan antusias jika diminta mengikuti bakti sosial. RE Bethesda ingin menjadi rumah sakit yang berguna bagi sesama, meski sedikit. Namun bakti sosial tidak semata pengobatan, ada juga kegiatan promotif-preventif, misalnya pencegahan. Maka RS Bethesda juga terbuka jika ada yang menginginkan kerjasama seminar kesehatan.

Dalam “penyaringan” ini peserta akan diseleksi apakah peserta perlu dan bisa menjalani operasi katarak. Dari 115 orang yang ikut seleksi, ada 47 orang yang dinyatakan bisa dioperasi. Dan pada hari Minggu (12/1) ada tambahan 4 pasien, sehingga penderita katarak yang dioperasi di RS Bethesda ada 51 orang.Semua pasien menjalani operasi dengan lancar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *